Sejarah Website dan Perkembangan Teknologi

Kedai.co.id – Sejarah website dikembangkan pertama kali oleh Sir Timothy Tim Berners lee,hanya saja pada saat itu website masih berjalan tanpa terhubung jaringan. website semakin popular ketika mulai terhubungan jaringan internet,yaitu pada akhir tahun 80-an. Saaat itu di laboratorium CERN berlokasi di kota Geneva, Swiss menyatakan bahwa website bias diakses melalui jaringan dan dimiliki oleh siapa saja.

Sejarah Website

Sejarah website juga berkaitan dengan sejarah perkembangan teknologi computer,Karena pada awalnya tampilan website masih sangatlah sederhana hanya menampilkan teks lalu untuk hyperlink (link) pada saat itu masih menggunakan tampilan nomor yang menghubungkan antara satu halaman ke halaman yang lainnya.Pada saat itupun teknologi website dikembangkan dan berjalan pada system operasi Unix,masih sangat jarang yang menggunakan teknologi windows,andai pun ada teknologi windows tersebut masih sangat sederhana.(Stuart McClure,US,.2005).

WWW atau World Wide Web. Sebuah kata yang sangat tindak asing di telinga kita. Terutama anda yang sering mondar – mandir di dunia maya. Jika ingin masuk ke suatu website pasti anda mengetik awalan tersebut. Misalnya anda ingin membuka akun facebook anda, di kotak alamat anda pasti mengetikkan www.facebook.com. tahukah anda sejak kapan penulisan www mulai dipakai di jagat web?.

Sejarah website bermula di European Laboratory for Particle Physics (lebih dikenal dengan nama CERN), di kota Geneva dekat perbatasan Perancis dan Swiss. CERN merupakan suatu organisasi yang didirikan oleh 18 negara di Eropa. Dibulan Maret 1989, Tim Berners dan peneliti lainnya dari CERN mengusulkan suatu protokol sistem distribusi informasi di Internet yang memungkinkan para anggotanya yang tersebar di seluruh dunia saling membagi informasi dan bahkan untuk menampilkan informasi tersebut dalam bentuk grafik.

Perkembangan Teknologi Website

Dalam sejarah website, web browser digunakan sebagai media untuk beselancar dan browser pertama kali popular digunakan yaitu Internet Explorer. Internet Explorer digunakan sebagai aplikasi untuk mengakses website melalui computer.

Salah satu bentuk bagian dari perkembangan sejarah website, lahir definisi web pada akhir tahun 90-an yaitu web 2.0. Web 2.0 didefinisikan sebagai web yang berfungsi kolaboratif,informative, dengan tujuan membuat penguna semakin dekat salah satu cirinya ditandai dengan hadirnya wiki, blog, social network. Web 2.0 pertama kali dikemukakan oleh Chris Anderson Dan Tim O’Reilly.

Web Browser pertama dibuat dengan berbasiskan pada teks. Untuk menyatakan suatu link, dibuat sebarisan nomor yang mirip dengan suatu menu. Pemakai mengetikkan suatu nomor untuk melakukan navigasi di dalam website. Kebanyakan software tersebut dibuat untuk komputer-komputer yang menggunakan Sistem Operasi UNIX, dan belum banyak yang bisa dilakukan oleh pemakai komputer saat itu yang telah menggunakan Windows. Tetapi semua ini berubah setelah munculnya browser Mosaic dari NCSA (National Center for Supercomputing Applications).

Di bulan Mei 1993, Marc Andreesen dan beberapa murid dari NCSA membuat Web browser untuk sistem X-Windows yang berbasiskan grafik dan yang mudah untuk digunakan. Dalam beberapa bulan saja, Mosaic telah menarik perhatian baik dari pemakai lama maupun pemakai baru di Internet. Kemudian NCSA mengembangkan versi-versi Mosaic lainnya untuk komputer berbasis UNIX, NeXT, Windows dan Macintosh.

Di bulan Mei 1993, Marc Andreesen dan beberapa murid dari NCSA membuat Web browser untuk sistem X-Windows yang berbasiskan grafik dan yang mudah untuk digunakan. Dalam beberapa bulan saja, Mosaic telah menarik perhatian baik dari pemakai lama maupun pemakai baru di Internet. Kemudian NCSA mengembangkan versi-versi Mosaic lainnya untuk komputer berbasis UNIX, NeXT, Windows dan Macintosh.

Pada tahun 1994, Marc Andreesen meninggalkan NCSA, dan kemudian bersama Jim Clark, salah satu pendiri dari Silicon Graphics, membuat Netscape versi pertama. Kehadiran Netscape ini menggantikan kepopuleran Mosaic sebagai Web browser dan bahkan sampai saat ini Netscape merupakan browser yang banyak digunakan setelah Internet Explorer dari Microsoft. Pada tahun yang sama CERN dan MIT mendirikan suatu konsorsium yang dinamakan World WIde Web Consortium (W3C) yang bertugas untuk membangun standar bagi teknologi website. Pada awal perkembangannya, sewaktu.

browser masih berbasiskan teks hanya terdapat sekitar 50 website. Di akhir tahun 1995 jumlah ini telah berkembang mencapai sekitar 300.000 web site. Dan diperkirakan sekarang ini jumalh pemakai website telah mencapat sekitar 30-an juta pemakai diseluruh dunia.

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Post comment

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.